Malam Pertama

by Ikhwan

Ajal pasti tiba

Dia merenung ke arah wajah anak-anaknya… wajah isterinya… betapa kasihnya dia pada mereka…

“Kutinggalkan tempat tidurku pada suatu hari, kemudian aku tersekap diam membisu.   Kubur adalah malam pertama…

Demi Allah, katakanlah apa yang terjadi dengan dua malam, yang Allah pasti mentakdirkannya pada setiap hamba?”

Malam pertama dia masih berada dirumah. Bersama anak dan keluarga lainnya dalam keadaan bahagia penuh keceriaan. melihat senyuman anaknya… gelak tawa anaknya… dia tertawa melihat mereka bergurau…

Lalu tiba-tiba dia diserang oleh malam kedua. Malam ketika dia dijemput oleh kematian, lalu kemudian dikuburkan di dalam lahad.

“Aku tinggalkan tempat tidurku pada suatu hari, kemudian aku tersekap diam membisu. Aku telah berpindah dari satu tempat menuju tempat lain. Aku berangkat pergi dari ranjang tidur dalam istanaku menuju alam lain.

Apa gerangan yang mendatangiku saat tidur?”

Malam pertama di alam kuburnya telah tiba…

Dalam sahih Muslim dan seluruh Sunan, dari Abi Hurairah RA berkata,” Sesungguhnya Nabi SAW bersabda:   “jika salah seorang dari kamu selesai mengucap tasyahud akhir, hendaklah dia berkata,” Aku berlindung kepada Allah dari empat perkara, azab jahannam, azab kubur, dari fitnah kehidupan dan kematian, serta dari fitnah al-Massih ad-Dajjaal.”

